welcome to my blog, please read this post, thank you...

Labels

Rabu, 23 November 2011

Desain Pemodelan Grafik

* DESAIN *
Diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

* MODEL *
Model adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Definisi lain dari model adalah abstraksi dari sistem sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana serta mempunyai tingkat prosentase yang bersifat menyeluruh, atau model adalah abstraksi dari realitas dengan hanya memusatkan perhatian pada beberapa sifat dari kehidupan sebenarnya.

* GRAFIK *
Grafik merupakan visualisasi table yang berupa angka-angka yang dapat disajikan / ditampilkan ke dalam bentuk gambar. Ada beberapa macam jenis grafik, diantaranya :

1. Grafik batang, bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan di bandingkan relative sedikit, pada lazimnya grafik ini dibuat dengan menggunakan batang sebagai gambaran kelompok data secara vertical dan horizontal. Tinggi atau panjang batang melukiskan ukuran besarnya presentase data yang diwakilinya.


2. Grafik garis, merupakan grafik yang paling tepat dari semua jenis grafik, terutama dalam melukiskan kecendrungan-kecendrungan atau menghubungkan dua rangkaian kata. Sejumlah variasi dan kombinasi dari grafik garis dapat dilukiskan, termasuk bayangan permukaan grafik dari berbagai bentuk.


3. Grafik lingkaran atau piring, adalah lingkaran sektor-sektor yang di gunakan untuk menggunakan bagian suatu keseluruhan,sebagai contoh berikut ini adalah grafik yang memvisualisasikan pecahan dalam bentuk tengahan, pertigaan dan perempatan.


Maka, desain pemodelan grafik adalah suatu seni atau arsitektur dari sebuah pola yang akan di buat dengan menggunakan grafik atau gambar untuk memudahkan para pembaca (client) memahami maksud dari si pembuat desain tersebut.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain
http://www.damandiri.or.id/file/abdwahidchairulahunairbab2.pdf
http://www.scribd.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar