welcome to my blog, please read this post, thank you...

Labels

Jumat, 25 November 2011

Jenis - Jenis Pemodelan Grafik

Sebelumnya saya telah menjabarkan definisi dari Desain, Model dan Grafik. Pemodelan grafik adalah suatu proses membuat, memanipulasi dan menyimpan suatu objek baik dengan menggunakan bantuan perangkat lunak komputer.
Adapun jenis-jenis dari pemodelan grafik terdiri dari :

  • Grafis Bitmap
Merupakan objek gambar yang dibentuk berdasarkan raster/pixel/dot/titik/point koordinat dan warna. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini yang buat grafis semakin kelihatan halus, tetapi kapasitas filenya pun relatif semakin besar.
Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan dengan kemampuan monitor dan VGA pada device yang kita gunakan. Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang resolusi nya rendah akan mengakibatkan gambar keihatan kasar (ibarat kata nggak ngangkat, kayak kualitas bagus di setel di kualitas kurang bagus), bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak jika kita zoom in atau perbesar. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi ( dot per inch ) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci.

  • Grafik Vektor

Merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap. Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.  Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Sehingga Tampilan akan terlihat jelas walaupun kita  zoom in atau kita gede in. Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. sehingga , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file. 


Berikut ilustrasi dari grafik Bitmap dan Vektor :


Sumber : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar